Rabu, 29 Agustus 2018

Gresik ''Kota Santri''

Assalamu’alaikum wr.wb.


 Kali ini aku akan menceritakan budaya yang ada di kota asalku yaitu kota Gresik. Kota Gresik sering dikenal sebagai kota santri, entah apa alasannya sehingga Gresik di beri julukan “Kota santri”. Apa dulu Gresik merupakan gerbang utama masuknya agama islam di jawa timur atau karena penghasil songkok yang kerap dijadikan sebagai identitas kaum muslim di indonesia?, atau karena kolelsi makam waliyullah paling banyak? Dengan memperhatikan letak geografis sebagian wilayah gresik yang terbentang sepanjang pesisir pantai (Panceng, Sidayu, Bungah, Manyar, dan Gresik). Gresik pernah memiliki peran strategis terkait berkembangnya islam di Pulau Jawa Timur. Paling tidak daerah itu pernah menjadi tempat bermukim para penyebar agama islam di kawasan Pulau Jawa. Oleh karena itu Gresik di juluki dengan sebutan “Gresik Kota Santri”.


Nah selain itu Gresik juga memiliki makanan khas yaitu pudak, dan nasi krawu, yang sangat terkenal dimana-mana. Tak hanya itu Gresik juga terkenal dengan keindahan pantainya misalnya pantai Delgan yang terletak di Kecamatan Panceng. Gresik juga mempunyai Pulau yaitu Pulau Bawean yang ada di sebrang kota Gresik, pulau Bawean sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, tak hanya pantai di Bawean juga banyak tempat-tempat wisata lainnya seperti, air terjun, danau, dan gunung.
 ( PUDAK KHAS GRESIK)
( http://liputangresik.blogspot.com/2016/08/pudak-makanan-khas-kabupaten-gresik_30.html)
(NASI KRAWU KHAS GRESIK)
( http://www.negerikuindonesia.com/2015/09/nasi-krawu-makanan-tradisional-dari.html)
( PULAU BAWEAN)
(https://rebanas.com/gambar/images/gambar-pemandangan-alam-terindah-dunia-pantai-2-dimensi)
(PANTAI DALEGAN PANCENG GRESIK)
(http://ekoprasetyo09.blogspot.com/2017/06/pantai-delegan.html)

Nah Aku rasa cukup sekian dulu perkenalan dari daerah tempat dimana aku tinggal, dan jangan lupa mampir kr Gresik ya teman-teman, Gresik itu indah kok.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gresik ''Kota Santri''

Assalamu’alaikum wr.wb.  Kali ini aku akan menceritakan budaya yang ada di kota asalku yaitu kota Gresik. Kota Gresik sering dikenal s...